Ureginsi Moral dalam Pendidikan

Ureginsi Moral dalam Pendidikan

Sebuah pertanyaan besar, mengapa nasib bangsa kita mulai dari zaman pasca kemerdekaan sampai sekarang belum bisa menunjukan perubahan yang segknifikan disemua sektor kehidupan bangsa. Apakah pendidikan yang sebagai ujung tombak perubahan bangsa yang lebih baik, sudah tumpul bahkan patah. Realita menujukan masih banyak ketimpangan-ketimpangan atau pun kemunduran-kemunduran dalam negara kita.

Peran pendidikan dalam kehidupan sangatlah penting, untuk menentukan kehidupan bangsa yang bermartabat, adil, makmur dan sejahtera sesuai dengan Pancasila dan Undang-Undang Dasar 1945. Hal ini sudah tidak di pungkiri lagi oleh semua kalangan lapisan masyarakat. Namun mengapa sekarang ini begitu banyak aklak dan moral generasi bangsa yang sudah tidak lagi mencerminkan adat dan kebudayaan ketimuran lebih-lebih lagi keindonesiaan.

Tidak sedikit para remaja muda yang mengkonsumsi minuman keras bahkan narkoba tidak hanya itu, sebagian dari para pelajar juga banyak yang melakukan tawuran atar sekolah, MBA (marriet by accident) atau pun antar kelompok dalam sekolah dan incident lain yang cukup memprihatinkan. Dari cara berpakain pun sama, justru berpakaian mereka memfulgarkan aurat. Tidak diketahui secara pasti kebudayaan mana yang mereka anut. Apakah dari Negara barat yang menganut faham kebebasan individualisme yang mereka ikuti (westernisasi). Memang cukup menghiurkan kebahagian yang ditawarkan oleh westernisasi. Namun kebahagiaan itu hanya sekilas mata seterusnya justeru membawa kehancuran.

Dari segi kebudayaan terutama kebebasan bergaul yang sampai membawa seseorang kearah free sexs. Kenikmatan yang didapat hanyalah sekilas ketika melakukan namun setelah melakukan ya sudah selesai, namun hal ini juga bisa membuat candu dari para pelakunya. Para pelakunya belum mengetahui akibat terburuk yang akan mereka peroleh, seperti  hilangnya kevirjinan, hamil di luar nikah, terserang HIV dan sebagainya.

Sebenarnya perubahan negatif tidak hanya berakibat bagi diri pelakunya sendiri tapi juga berakibat pada orang lain paling tidak kepada orang tuanya yang mempunyai harapan begitu besar terhadap anaknya agar menjadi orang yang terbaik bagi dirinya dan orang lain. Sedangkan untuk akibat yang cukup besar adalah kepada bangsanya, karena belum bisa meneruskan estavet perjuang parapalahwan. Untuk kebaikan bagi dirinyasendiri saja belum bisa apalagi untuk kebaikan bagi orang lain. Sebagi manusia yang diciptakan menjadi makluk social (human socialiti) yang saling membutuhkan satu dengan yang lainya.

Sedangkan harapan kemajuan dan berkembangnya bangsa adalah tergantung dari para generasinya jika generasinya boborok akan dikemanakan bangsa ini. Baik dan buruknya generasi bangsa ditentukan oleh pendidikanya. Sekarang pendidikan di Negara kita sudah baik atau belum jika pendidikanya belum baik jangan mengharap kalau bangsa kita akan jauh lebih baik kedepan, namun justru kebobrokan yang akan kita panen.

Dalam konsep Islam sendiri, peran pemuda sebagai generasi pengganti, tersirat dalam Al-Maidah:54,yaitu pemuda sebagai pengganti generasi yang sudah rusak dan memiliki karakter mencintai dan dicintai, lemah lembut kepada orang yang beriman, dan bersikap keras terhadap kaum kafir.

Sekarang tergantung dari pendidikan bisa mengevaluaisi dari pengalaman-pengalaman atau tidak yang akan direkomendasikan untuk perbaikan selanjutnya, sebagai solusi yang cedas dan cermat. Seharusnya di dunia pendidikan ditanamkan moral, aklak dan budi pekerti serta dedikasi yang tinggi terhadap bangsa untuk peserta didik yang nantinya sebagai batasan ketika mereka akan melakukan keburukan atau kebobrokan bagi dirinya sendiri dan orang lain.

Inti dari pendidikan moral adalah untuk menciptakan manusia yang konsisten dalam kebaikan tanpa adanya tendensi apa pun. Pada prinsipnya ada yang mengatakan “you are when nobody’ around” esensi perbuatan yang tanpa pamprih ini menjadi poin tertinginya derajat moral bagi seorang manusia. Sebuah harapan yang cukup besar untuk perubahan melalui pendidikan moral dalam dunia pendidikan.

About rudien87


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: