RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Nama Madrasah : NAZHATUT THOLIBIN
Mata Pelajaran : Matematika
Kelas / Semester : I / 1
Pertemuan Ke : 1 – 9
Alokasi Waktu : 18 x 2 jam pelajaran
A. Standar Kompetensi
Melakukan penjumlahan dan pengurangan bilangan sampai 20
B. Kompetensi Dasar
1.1 Membilang banyak benda
1.2 Mengurutkan banyak benda
C. Indikator
1. Mempelajari bilangan 1 samapi dengan 5
2. Mempelajari bilangan 6 sampai dengan 10
D. Tujuan Pembelajaran
Setelah mempelajari bab ini, siswa diharapkan mampu :
1. Membilang dan menyebutkan banyak benda 1 sampai dengan 10
2. Membandingkan 2 kumpulan benda 1 sampai dengan 10
3. Mengurutkan bilangan 1 sampai dengan 10
4. Membilang loncat 1 samapai dengan 10
5. Membaca dan menulis lambang bilangan 1 sampai dengan 10
E. Materi Pembelajaran
Urutan bilangan
F. Metode Pembelajaran
Informasi, demonstrasi dan pemberian tugas
G. Langkah-langkah Pembelajaran :
Pertemuan ke-1
1. Kegiatan awal
1. Guru mengajak siswa menyanyikan lagu “ Dua Mata Saya “
2. Guru mengajak siswa menyanyikan sekali lagi lagu yang sama sambil memperagakan bilangan yang
disebut, dengan menggunakan jari
2. Kegiatan inti
1. Guru meminta seorang siswa untuk maju ke depan
2. Siswa yang lain menyebutkan nama bagian tubuh yang ditunjuk oleh guru dan menyebutkan banyak
bagian tubuh tersebut ( sesuai dengan tabel yang ada di halaman 4 )
3. Dengan bimbingan guru, siswa diminta menyebutkan banyaknya gambar benda yang ada di halaman
5
4. Siswa diminta untuk mengerjakan soal di halaman 6 – 7 secara lisan ( Berlatih Tangkas 1 dan 2 )
untuk menggali kompetensinya
5. Guru menjelaskan tentang membilang dan menyebutkan banyak benda dari 1 sampai dengan 5
6. Dengan bimbingan guru, siswa mengerjakan soal di halaman 8 – 9 ( Berlatih Cermat 1 dan Berlatih
Tangkas 3 )
7. Siswa berkesempatan menanyakan hal yang belum dipahami
3. Kegiatan akhir
1. Guru menyimpulkan tentang membilang dan menyebutkan banyak benda
2. Siswa mencatat tugas pekerjaan rumah yang diberikan oleh guru ( soal di halaman 10 Berlatih Cermat
2 dan Berlatih Tangkas 4 )
Pertemuan ke-2
1.Kegiatan awal
1. Tanya jawab mengenai nama-nama benda yang ada di dalam kelas
2. Tanya jawab mengenai banyaknya jumlah benda-benda tersebut
2. Kegiatan inti
1. Guru menunjukkan 2 kumpulan benda yang berbeda jumlahnya
2. Siswa diminta untuk membilang dan menyebutkan banyaknya benda pada masing-masing kumpulan
benda
3. Bersama-sama dengan siswa, guru mengevaluasi jawaban yang diberikan oleh siswa
4. Guru menjelaskan cara menentukan suatu benda atau kumpulan benda adalah lebih banyak dari,
lebih sedikit dari atau sama banyak dengan ( contoh di halaman 12 )
5. Secara lisan, siswa diminta menyelesikan soal di halaman 13 ( Berlatih Tangkas 1 )
6. Siswa berkesempatan menanyakan hal yang belum dipahami
7. Dengan bimbingan guru, siswa diminta untuk menyelesaikan soal di halaman 14 ( Berlatih Tangkas 2 )
3. Kegiatan akhir
Guru mengulang kembali tentang hal-hal yang sudah dipelajari pada pertemuan tersebut
Pertemuan ke-3
1. Kegiatan awal
1. Guru mengajak siswa untuk menyanyikan lagu “ Satu-satu Aku Sayang Ibu “
2. Guru membagi siswa menjadi 5 kelompok
2. Kegiatan inti
1. Guru memberikan 5 kartu yang berisi gambar kumpulan benda dari yang gambarnya berjumlah 1 – 5
kepada masing-masing kelompok
2. Siswa secara berkelompok diminta untuk mengurutkan kartu tadi berdasarkan banyak benda
3. Siswa menjelaskan hasil dari penyelesaian, kelompoknya masin-masing
4. Guru mengevaluasi jawan siswa
5. Guru menjelaskan tentang urutan bilangan dari yang terkecil ke terbesar dan sebaliknya ( contoh di
halaman 15 – 16 )
6. Siswa masih berkelompok, diminta untuk menyelesaikan soal di halaman 17 – 18 ( Berlatih Tangkas 1
dan 2 )
7. Didampingi guru, siswa saling mengevaluasi hasil kelompoknya sendiri, maupun kelompok lain
8. Siswa berkesempatan untuk menanyakan hal yang belum dipahami
9. Secara individu, siswa menyelesaikan soal di halaman 19 – 20 ( Berlatih Tangkas 3 )
3. Kegiatan akhir
1. Guru menyimpulkan tentang urutan bilangan dari yang terkecil ke yang terbesar dan sebaliknya
2. Guru meminta siswa untuk meneriakkan “ PANDAI “ untuk urutan bilangan terkecil ke terbesar dan “
PINTAR “ untuk urutan yang sebaliknya
Pertemuan ke-4
1. Kegiatan awal
1. Guru mengingatkan kembali materi yang telah dipelajari pada pertemuan sebulumnya
2. Guru menunjukkan beberapa kartu bilangan
2. Kegiatan inti
1. Siswa secara bersama-sama,diminta untuk membaca bilangan yang ada pada kartu bilangan
2. Secara bergantian, siswa diminta untuk membaca bilangan yang ditunjukkan oleh guru ( contoh di
halaman 21 )
3. Dengan bimbingan guru, siswa diminta mengerjakan soal di halaman 22 – 23 ( Berlatih Tangkas 1 , 2
dan Berlatih Cermat )
4. Guru mengajak siswa untuk mengevaluasi jawaban mereka sendiri
5. Guru mencontohkan cara menuliskan bilangan 1 – 5, seperti yang ada di halaman 24
6. Siswa diminta menebalkan bilangan 1 – 5 yang ada di halaman 25 ( Berlatih Tangkas 3 )
7. Siswa berkesempatan menanyakan hal yang belum dipahami
8. Siswa mengerjakan latihan halaman 25 ( Berlatih Tangkas 4 )
Kegiatan akhir
1. Guru menyimpulkan tentang cara membaca dan menulis bilangan 1 – 5
2. Siswa menulis pekerjaan rumah yang diberikan guru ( soal di halaman 26, Berlatih Tangkas 5 )
Pertemuan ke-5
1. Kegiatan awal
1. Tanya jawab tentang bilangan 1 – 5
2. Guru menunjukkan gambar kumpulan benda yang jumlahnya 6 – 10 ( contoh di halaman 29 )
2. Kegiatan inti
1. Secara bersama-sama,siswa diminta untuk membilang dan menyebutkan banyak benda yang ada
pada masing-masing gambar
2. Secara bergiliran, siswa diminta untuk membilang dan menyebutkan banyak benda pada gambar
yang ditunjukkan oleh guru
3. Guru menjelaskan tentang membilang dan menyebutkan banyak benda
4. Siswa berlatih mengerjakan latihan di halaman 29 – 30 ( Berlatih Tangkas 1 )
5. Guru mengevaluasi jawaban siswa
6. Siswa berkesempatan menanyakan hal yang belum dipahami
7. Siswa mengerjakan soal di halaman 30 ( Berlatih Tangkas 2 )
3. Kegiatan akhir
1. Guru mengulang kembali tentang hal-hal yang sudah dipelajari pada pertemuan tersebut
2. Siswa mencatat pekerjaan rumah yang diberikan oleh guru ( soal di halaman 31, Berlatih Cermat )
Pertemuan ke-6
1. Kegiatan awal
1. Guru mengingatkan kembali tantang materi yang sudah dipelajari pada pertemuan sebelumnya
2. Tanya jawab mengenai banyak benda yang ada di dalam kelas
2. Kegiatan inti
1. Dengan bimbingan guru, siswa diminta untuk mengamati dan memahami pernyataan yang ada di
halaman 33
2. Guru menunjukkan beberapa kumpulan benda yang dibawanya
3. Lalu meminta siswa untuk membandingkan antara kumpulan benda yang satu dengan yang lain
4. Guru mengevaluasi jawaban siswa dan menjelaskan cara membandingkan dua kumpulan benda
dengan menyatakan lebih banyak dari, lebih sedikit dari dan sama banyak dengan
5. Siswa diminta untuk mengamati benda-benda yang ada di dalam kelas dan membandingkan antara
kumpulan benda yang satu dengan yang lainnya
6. Siswa berkesempatan menanyakan hal yang belum dipahami
7. Siswa mengerjakan soal latihan di halaman 34 ( Berlatih Tangkas )
3. Kegiatan akhir
1. Guru mengulang kembali tentang hal-hal yang sudah dipelajari pada pertemuan tersebut
2. Siswa mencatat pekerjaan rumah yang diberikan oleh guru
Pertemuan ke-7
1. Kegiatan awal
1. Guru mengajak siswa untuk bersama-sama menyanyikan lagu “ Rajin Sekolah“ (1,2,3,4,5,6,7,8 Siapa
Rajin Ke Sekolah cari ilmu dan seterusnya)
2. Tanya jawab mengenai bilangan 6 – 10
2. Kegiatan inti
1. Dengan bimbingan guru siswa diminta untuk mengamati dan memahami gambar dan keterangan di
halaman 35
2. Guru membagikan beberapa gambar kumpulan benda
3. Siswa diminta mendiskusikan dengan teman sebangkunya tentang mengurutkan kumpulan benda
4. Benda mengevaluasi jawaban siswa
5. Guru menjelaskan tentang mengurutkan bilangan atau kumpulan benda dari yang terkecil ke terbesar
atau sebaliknya ( seperti yang ada di halaman 35 )
6. Siswa berlatih mengerjakan soal latihan di halaman 36 ( Berlatih Tangkas 1 ) untuk menggali
kompetensinya
7. Siswa berkesempatan untuk menanyakan hal yang belum dipahami
8. Siswa menyelesaikan soal di halaman 37 ( Berlatih Tangkas 2 )
3. Kegiatan akhir
Guru mengulang kembali tentang hal-hal yang sudah dipelajari pada pertemuan tersebut
Pertemuan ke-8
1. Kegiatan awal
1. Guru mengingatkan kembali materi yang telah dipelajari pada pertemuan sebelumnya
2. Tanya jawab tentang hewan yang suka meloncat
2. Kegiatan inti
1. Guru meminta 10 siswa untuk maju kedepan dan membagikan kepada masing-masing siswa tersebut
potongan kertas yang berisi gambar kumpulan benda
2. Siswa yang lain diminta untuk menyebutkan banyaknya gambar kumpulan benda yang ditunjukkan
oleh kesepuluh siswa yang maju ke depan kelas
3. Guru meminta 1 siswa untuk berperan sebagai katak ( contoh hewan yang suka meloncat ) untuk
meloncat dari satu kumpulan benda ke kumpulan benda yang lain, baik meloncat 2-2, 3-3 atau 4-4
4. Guru menjelaskan tentang membilang loncat 2, loncat 3 dan loncat 4 ( contoh di halaman 38 )
5. Secara acak, siswa diminta untuk menyelesaikan contoh soal yang ditulis oleh guru di papan tulis
6. Guru mengevaluasi jawaban siswa
7. Siswa berkesempatan menanyakan hal yang belum dipahami
8. Siswa mengerjakan latihan halaman 39 ( Berlatih Tangkas )
3. Kegiatan akhir
Siswa menulis pekerjaan rumah yang diberikan guru yang ditulis di papan tulis
Pertemuan ke-9
1. Kegiatan awal
1. Guru mengingatkan kembali materi yang telah dipelajari pada pertemuan sebulumnya
2. Guru menunjukkan beberapa kartu bilangan
2. Kegiatan inti
1. Siswa secara bersama-sama,diminta untuk membaca bilangan yang ada pada kartu bilangan
2. Secara bergantian, siswa diminta untuk membaca bilangan yang ditunjukkan oleh guru ( contoh di
halaman 40 )
3. Siswa diminta mengerjakan soal di halaman 41 ( Berlatih Tangkas 1 ) untuk menggali kompetensinya
4. Guru mengajak siswa untuk mengevaluasi jawaban mereka sendiri
5. Guru mencontohkan cara menuliskan bilangan 6 – 10, seperti yang ada di halaman 41
6. Siswa diminta menebalkan bilangan 6 – 10 yang ada di halaman 42 ( Berlatih Tangkas 2 )
7. Siswa berkesempatan menanyakan hal yang belum dipahami
8. Siswa mengerjakan latihan halaman 42 ( Berlatih Tangkas 3 )
3. Kegiatan akhir
1. Guru menyimpulkan tentang cara membaca dan menulis bilangan 6 – 10
2. Siswa menulis pekerjaan rumah yang diberikan guru yang ditulis di papan tulis
Alat / Bahan /Sumber Belajar
Buku Asyik Berhitung Matematika 1A halaman 1 – 42, penerbit : Yudhistira
Kartu Bilangan
Kumpulan benda
Penilaian :
1. Tertulis
Tes tertulis dalam bentuk latihan
2. Kinerja / perbuatan
a. Respon masing-masing siswa terhadap pertanyaan guru meliputi aspek kualitas jawaban dan
frekuensi menjawab pertanyaan
b. Aktivitas tanya jawab dan diskusi meliputi akurasi pertanyaan dan jawaban

Mengetahui
Kepala Madrasah Guru Mata Pelajaran

(Hafiluddin S.Pd) (Dian Retno Wahyuni A.ma)

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Nama Madrasah : NAZHATUT THOLIBIN
Mata Pelajaran : Matematika
Kelas / Semester : I / 1
Pertemuan Ke : 10 – 21
Alokasi Waktu : 12 x 2 jam pelajaran
A. Standar Kompetensi
Melakukan penjumlahan dan pengurangan bilangan sampai 20
B. Kompetensi Dasar
1.3 Melakukan penjumlahan dan pengurangan dengan bilangan sampai 20
1.4 Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan penjumlahan dan
pengurangan sampai 20
C. Indikator
1. Melakukan penjumlahan dan pengurangan dengan bilangan sampai 10
2. Mempelajari bilangan nol dan lambangnya
D. Tujuan Pembelajaran
Setelah mempelajari bab ini, siswa diharapkan mampu :
1. Membaca dan menggunakan simbol + dan =
2. Menjumlah dua bilangan dengan cara mendatar dan bersusun
3. Mengenal sifat pertukaran pada penjumlahan
4. Menyelesaikan soal cerita yang mengandung penjumlahan
5. Membaca dan menggunakan simbol – dan =
6. Melakukan pengurangan dua bilangan dengan mendatar dan bersusun
7. Menyelesaikan soal cerita yang mengandung pengurangan
8. Mengenal bilangan nol melalui pengurangan
9. Menjumlah dan mengurang dengan bilangan nol
10. Menyelesaikan soal cerita yang mengandung bilangan nol
E. Materi Pembelajaran
Operasi Hitung Bilangan
F. Metode Pembelajaran
Informasi, demonstrasi, diskusi dan penugasan
G. Langkah-langkah Pembelajaran :
Pertemuan ke-10
1. Kegiatan awal
1. Guru mengajak siswa untuk menyanyikan lagu “ 1 + 1 = 2 “
2. Guru menceritakan suatu hal / peristiwa yang didalamnya terkandung operasi penjumlahan (seperti
contoh yang ada di halaman 44 )
2. Kegiatan inti
1. Guru meminta siswa untuk mendiskusikan cerita tersebut dengan teman sebangkunya
2. Secara acak, siswa diminta untuk menjelaskan hasil dari diskusinya
3. Guru mengevaluasi jawaban siswa
4. Dengan bimbingan guru, siswa diminta untuk menyelesaikan soal di halaman 45 ( Berlatih Cermat 1 )
5. Guru menjelaskan tentang cara membaca dan menggunakan simbol + serta = (seperti yang tertulis di
halaman 46 )
6. Secara lisan, siswa diminta untuk menjawab soal di halaman 47 ( Berlatih Tangkas 1 )
7. Siswa berkesempatan untuk menanyakan hal yang belum dipahami
8. Siswa mengerjakan soal di halaman 48 ( Berlatih Tangkas 2 )
3. Kegiatan akhir
Guru mengulang kembali tentang hal-hal yang sudah dipelajari pada pertemuan tersebut
Pertemuan ke-11
1.Kegiatan awal
1. Guru mengingatkan kembali materi yang telah dipelajari pada pertemuan sebelumnya
2. Guru menceritakan tentang suatu hal / peristiwa yang didalamnya terkandung operasi penjumlahan
Kegiatan inti
1. Siswa diminta untuk mendiskusikan penyelesaian dari cerita tersebut
2. Secara acak siswa diminta menjelaskan hasil dari diskusinya
3. Bersama-sama siswa, guru mengevaluasi hasil jawaban tersebut
4. Siswa diminta untuk mencermati dan memahami pernyataan yang ada di halaman 48, kemudian guru
menjelaskan tentang menjumlah dua bilangan dengan cara mendatar
5. Siswa berlatih mengerjakan soal di halaman 49 ( Berlatih Tangkas 3 ) untuk menggali kompetensinya
6. Siswa berkesempatan untuk menanyakan hal yang belum jelas
7. Siswa dengan teman sebangkunya diminta untuk menyelesaikan soal di halaman 50 ( Berlatih
Tangkas 4 )
Kegiatan akhir
1. Guru menyimpulkan tentang menjumlah dua bilangan dengan cara mendatar
2. Siswa mencatat tugas pekerjaan rumah yang diberikan oleh guru ( Soal di halaman 51, Berlatih
Tangkas 5 )
Pertemuan ke-12
1. Kegiatan awal
1. Guru mengingatkan kembali materi yang telah dipelajari pada pertemuan sebelumnya
2. Guru memberikan soal mencongak tentang penjumlahan
2. Kegiatan inti
1. Siswa diminta untuk mencermati dan memahami pernyataan yang ada di halaman 52
2. Guru menjelaskan tentang menjumlah dua bilangan dengan cara bersusun
3. Beberapa siswa diminta untuk menyelesaikan soal yang diberikan oleh guru di papan tulis
4. Siswa yang lain, bersama dengan guru mengevaluasi jawaban siswa
5. Siswa berkesempatan untuk menanyakan hal yang belum dipahami
6. Siswa mengerjakan latihan halaman 52 ( Berlatih Tangkas 6 )
3. Kegiatan akhir
1. Guru menyimpulkan tentang menjumlah dua bilangan dengan cara bersusun
2. Siswa mencatat tugas pekerjaan rumah yang diberikan oleh guru
Pertemuan ke-13
1. Kegiatan awal
1. Guru mengingatkan kembali materi yang telah dipelajari pada pertemuan sebelumnya
2. Guru menceritakan suatu hal atau peristiwa yang didalamnya terkandung sifat pertukaran
penjumlahan
2. Kegiatan inti
1. Guru meminta siswa untuk mengemukakan pendapatnya tentang cerita yang disampaikan oleh guru
2. Guru menjelaskan tentang sifat pertukaran pada penjumlahan, seperti yang dibahas di halaman 53
3. Siswa berlatih mengerjakan soal di halaman 53 ( Berlatih Tangkas 7 ) untuk menggali kompetensinya
4. Bersama-sama dengan guru, siswa mengevaluasi jawabannya sendiri
5. Siswa berkesempatan untuk menanyakan hal yang belum jelas
6. Siswa mengerjakan latihan yang diberikan oleh guru di papan tulis
3. Kegiatan akhir
1. Guru menyimpulkan tentang sifat pertukaran pada penjumlahan
2. Siswa mencatat soal pekerjaan rumah yang diberikan oleh guru ( soal di halaman 54, Berlatih Cermat 2 )
Pertemuan ke-14
1. Kegiatan awal
1. Guru mengingatkan kembali materi yang telah dipelajari pada pertemuan sebelumnya
2. Tanya jawab tentang penjumlahan
2. Kegiatan inti
1. Guru menceritakan suatu hal/peristiwa yang berhubungan dengan penjumlahan
2. Siswa diminta untuk mengungkapkan pendapatnya tentang cerita tersebut yang dihubungkan dengan
penjumlahan
3. Guru mengevaluasi jawaban siswa
4. Guru menjelaskan tentang cara penyelesaian soal cerita, contoh di halaman 55
5. Secara berkelompok, siswa diminta untuk menyelesaikan soal di halaman 56 ( Berlatih Tangkas 8
yang a )
6. Bersama-sama dengan siswa, guru mengevaluasi jawaban masing-masing kelompok
7. Siswa berkesempatan untuk menanyakan hal yang belum jelas
3. Kegiatan akhir
1. Guru menyimpulkan tentang sifat pertukaran pada penjumlahan
2. Siswa mencatat soal pekerjaan rumah yang diberikan oleh guru ( soal di halaman 57, Berlatih
Tangkas 8 yang b )
Pertemuan ke-15
1. Kegiatan awal
1. Guru mengingatkan kembali tentang materi yang sudah dipelajari pada pertemuan sebelumnya
2. Guru menceritakan tentang masalah sehari-hari yang berkaitan dengan pengurangan seperti yang ada
di halaman 58
2. Kegiatan inti
1. Guru membagi siswa menjadi lima kelompok dan mendiskusikan cerita tersebut
2. Secara bergiliran masing-masing kelompok menjelaskan hasil diskusinya
3. Kemudian, secara berkelompok siswa berlatih menyelesaikan soal di halaman 59 ( Berlatih Cermat 1 )
4. Guru mengevaluasi jawaban masing-masing kelompok
5. Guru menjelaskan tentang cara membaca dan menggunakan simbol – dan = seperi yang tercantum di
halaman 60
6. Secara individu siswa mengerjakan soal di halaman 60 – 62( Berlatih Tangkas 1 dan 2 )
7. Siswa berkesempatan untuk menanyakan hal yang belum dipahami
3. Kegiatan akhir
1. Guru mengulang kembali tentang hal-hal yang sudah dipelajari pada pertemuan tersebut
2. Siswa mencatat soal pekerjaan rumah yang diberikan oleh guru ( soal di halaman 63, Berlatih
Tangkas 3 )
Pertemuan ke-16
1. Kegiatan awal
1. Guru mengingatkan kembali materi yang telah dipelajari pada pertemuan sebelumnya
2. Guru membagikan kepada siswa beberapa kartu bilangan yang berisi tentang operasi pengurangan
2. Kegiatan inti
1. Secara individu, siswa menyelesaikan operasi pengurangan yang ada di kartu bilangan
2. Secara acak, guru meminta siswa untuk menuliskan hasil kerjanya di papan tulis
3. Bersama-sama dengan siswa, guru mengevaluasi jawaban yang sudah ditulis di papan tulis
4. Guru menjelaskan tentang mengurang dua bilangan dengan cara mendatar, seperti yang ada di
halaman 65
5. Dengan teman sebangkunya, siswa diminta menyelesaikan soal di halaman 65 ( Berlatih Tangkas 4 )
6. Siswa berkesempatan untuk menanyakan hal yang belum jelas
7. Siswa mengerjakan soal di halaman 66 ( Berlatih Tangkas 5 )
3. Kegiatan akhir
1. Guru menyimpulkan tentang mengurang dua bilangan dengan cara mendatar
2. Siswa mencatat tugas pekerjaan rumah yang diberikan oleh guru dan yang dicatat di papan tulis
Pertemuan ke-17
1. Kegiatan awal
1. Guru mengingatkan kembali materi yang telah dipelajari pada pertemuan sebelumnya
2. Guru memberikan soal mencongak tentang pengurangan
2. Kegiatan inti
1. Siswa diminta untuk mencermati dan memahami pernyataan yang ada di halaman 66
2. Guru menjelaskan tentang mengurang dua bilangan dengan cara bersusun
3. Beberapa siswa diminta untuk menyelesaikan soal yang diberikan oleh guru di papan tulis
4. Siswa yang lain, bersama dengan guru mengevaluasi jawaban temannya
5. Siswa berkesempatan untuk menanyakan hal yang belum dipahami
6. Siswa mengerjakan latihan halaman 67 ( Berlatih Tangkas 6 )
3. Kegiatan akhir
1. Guru menyimpulkan tentang mengurang dua bilangan dengan cara bersusun
2. Siswa mencatat tugas pekerjaan rumah yang diberikan oleh guru ( soal di halaman 68, Berlatih
Cermat 3 )
Pertemuan ke-18
1. Kegiatan awal
1. Guru mengingatkan kembali materi yang telah dipelajari pada pertemuan sebelumnya
2. Guru menceritakan suatu hal atau peristiwa yang didalamnya terkandung operasi pengurangan
2. Kegiatan inti
1. Guru meminta siswa untuk mengemukakan pendapatnya tentang cerita yang disampaikan oleh guru
2. Dengan bimbingan guru, seorang siswa diminta untuk menceritakan suatu hal yang didalamnya
terkandung pengurangan
3. Dan siswa yang lain, diminta untuk memecahkan soal yang terkandung dalam cerita tersebut
4. Guru mengevaluasi jawaban siswa dan menjelaskan cara menyelesaikan soal cerita,seperti contoh di
halaman 69
5. Siswa berkesempatan menanyakan hal yang belum jelas
6. Siswa berlatih menyelesaikan soal di halaman 70 ( Berlatih Tangkas 7 yang a )
3. Kegiatan akhir
1. Guru menyimpulkan tentang cara menyelesaikan soal cerita
2. Siswa mencatat soal pekerjaan rumah yang diberikan oleh guru ( soal di halaman 71, Berlatih Cermat
yang b )
Pertemuan ke-19
1. Kegiatan awal
1. Guru mengingatkan kembali materi yang telah dipelajari pada pertemuan sebelumnya
2. Guru menceritakan masalah sehari-hari yang ada hubungannya dengan bilangan nol
2. Kegiatan inti
1. Siswa diminta untuk mengemukakan pendapatnya tentang cerita yang disampaikan oleh guru
2. Siswa diminta untuk mengamati dan memahami percakapan di halaman 73
3. Guru mengenalkan bilangan nol melalui pengurangan, seperti yang ada di halaman 73
4. Secara acak, siswa diminta untuk menyelesaikan persoalan yang diberikan oleh guru di papan tulis
5. Bersama-sama dengan siswa, guru mengevaluasi jawaban yang disampaikan oleh siswa
6. Siswa berkesempatan untuk menanyakan hal yang belum jelas
7. Siswa mengerjakan soal di halaman 74 ( Berlatih Tangkas )
3. Kegiatan akhir
Guru mengulang kembali tentang hal-hal yang dipelajari pada pertemuan tersebut
Pertemuan ke-20
1. Kegiatan awal
1. Guru mengingatkan kembali tentang materi yang sudah dipelajari pada pertemuan sebelumnya
2. Guru menunjukkan pada siswa beberapa gambar kumpulan benda
2. Kegiatan inti
1. Siswa diminta untuk menghitung beberapa gambar kumpulan benda
2. Kemudian gambar kumpulan benda tersebut dijumlahkan atau dikurangkan dengan bilangan nol
3. Siswa diminta untuk mendiskusikan permasalahan yang disampaikan oleh guru
4. Secara acak, siswa diminta untuk menyampaikan hasil diskusinya
5. Guru mengevaluasi jawaban yang diberikan oleh siswa
6. Guru menjelaskan bahwa suatu bilangan jika dijumlahkan atau dikurangi dengan bilangan nol hasilnya
bilangan itu sendiri
7. Siswa berkesempatan untuk menanyakan hal yang belum dipahami
8. Siswa diminta untuk menyelesaikan soal di halaman 75 ( Berlatih Tangkas )
3. Kegiatan akhir
1. Guru mengulang kembali tentang hal-hal yang sudah dipelajari pada pertemuan tersebut
2. Siswa mencatat soal pekerjaan rumah yang diberikan oleh guru di papan tulis

Pertemuan ke-21
1. Kegiatan awal
1. Guru mengingatkan kembali materi yang telah dipelajari pada pertemuan sebelumnya
2. Tanya jawab mengenai bilangan nol
2. Kegiatan inti
1. Guru menceritakan suatu hal atau peristiwa yang mengandung bilangan nol, baik yang berupa
penjumlahan ataupun pengurangan
2. Siswa diminta untuk memberi tanggapan atas cerita yang dikemukakan oleh guru
3. Guru mengevaluasi tanggapan yang diberikan oleh siswa
4. Guru menjelaskan tentang menjumlah dan mengurang yang mengandung bilangan nol, contoh di
halaman 76 dan77
5. Siswa berkesempatan untuk menanyakan hal yang belum jelas
6. Siswa mengerjakan soal di halaman 78 ( Berlatih Tangkas )
3. Kegiatan akhir
1. Guru menyimpulkan tentang menjumlah dan mengurang yang didalamnya terdapat bilangan nol
2. Siswa mencatat tugas pekerjaan rumah yang diberikan oleh guru dan yang dicatat di papan tulis
H. Alat / Bahan /Sumber Belajar
Buku Asyik Berhitung Matematika 1A hal 44 – 78, penerbit : Yudhistira
Kartu bilangan
I. Penilaian :
1. Tertulis
Tes tertulis dalam bentuk latihan
2. Kinerja / perbuatan
a. Respon masing-masing siswa terhadap pertanyaan guru meliputi aspek kualitas jawaban dan
frekuensi menjawab pertanyaan
b. Aktivitas tanya jawab dan diskusi meliputi akurasi pertanyaan dan jawaban

Mengetahui
Kepala Madrasah Guru Mata Pelajaran

(Hafiluddin S.Pd) (Dian Retno Wahyuni A.ma)

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Nama Madrasah : NAZHATUT THOLIBIN
Mata Pelajaran : Matematika
Kelas / Semester : I / 1
Pertemuan Ke : 22 – 30
Alokasi Waktu : 9 x 2 jam pelajaran
A. Standar Kompetensi
1. Melakukan penjumlahan dan pengurangan bilangan sampai 500
B. Kompetensi Dasar
1.1 Membilang banyak benda
1.2 Mengurutkan banyak benda
1.3 Melakukanpenjumlahan danpengurangan sampai 20
1.4 Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan penjumlahan dan
pengurangan sampai 20
C. Indikator
1. Mempelajari bilangan 11 sampai 20
2. Melakukan penjumlahan dan pengurangan bilangan sampai 20
D. Tujuan Pembelajaran
Setelah mempelajari bab ini, siswa diharapkan mampu :
1. Membilang dan menyebutkan banyak benda 11 sampai dengan 20
2. Membandingkan dua kumpulan benda 11 sampai dengan 20
3. Mengurutkan bilangan 11 sampai dengan 20
4. Membilang loncat 11 sampai dengan 20
5. Membaca dan menulis lambang bilangan 11 sampai dengan 20
6. Membaca dan menggunakan simbol + dan =
7. Menjumlah dua bilangan
8. Menyelesaikan soal cerita yang berhubungan dengan penjumlahan
9. Membaca dan menggunakan simbol – dan =
10. Mengurang dua bilangan
11. Menyelesaikan soal cerita yang berhubungan dengan pengurangan
E. Materi Pembelajaran
Urutan bilangan dan Operasi hitung bilangan
F. Metode Pembelajaran
Informasi, demonstrasi, diskusi dan pemberian tugas
G. Langkah-langkah Pembelajaran :
Pertemuan ke-22
1. Kegiatan awal
1. Guru mengingatkan kembali materi yang telah dipelajari pada pertemuan sebelumnya
2. Guru memperlihatkan gambar kumpulan benda kepada siswa
2. Kegiatan inti
1. Guru meminta siswa untuk membilang dan menyebutkan banyak benda pada gambar yang
ditunjukkan, seperti contoh di halaman 79
2. Siswa berlatih mengrjakan soal di halaman 80 ( Berlatih Tangkas 1 ) untuk menggali kompetensinya
3. Dengan bimbingan guru, siswa mengevaluasi jawabannya masing-masing
4. Guru menjelaskan tentang membilang dan menyebutkan banyak benda
5. Siswa diberi kesempatan untuk menanyakan hal yang belum jelas
6. Siswa mengerjakan soal latihan yang diberikan oleh guru di papan tulis
3. Kegiatan akhir
1. Guru mengulang kembali hal-hal yang telah dipelajari pada pertemuan tersebut
2. Siswa mencatat pekerjaanrumah yang diberikan oleh guru ( soal di halaman 81 – 82, Belajar Tangkas
2 )
Pertemuan ke-23
1. Kegiatan awal
1. Guru mengingatkan kembali materi yang telah dipelajari pada pertemuan sebelumnya
2. Guru membawa beberapa macam kumpulan benda
2. Kegiatan inti
1. Siswa diminta untuk menghitung, masing-masing kumpulan benda yang ditunjukkan oleh guru
2. Secara bersama-sama, siswa menentukan kumpulan benda yang lebih banyak, lebih sedikit,atau
sama banyak
3. Guru mengevaluasi jawaban siswa, kemudian menjelaskan tentang cara membaningkan dua
kumpulan benda, contoh di halaman 82
4. Secara acak, siswa diminta untuk menjawab pertanyaan yang diajukan oleh guru
5. Guru memberikan kesempatan kepada siswa untuk menanyakan hal yang belum dipahami
6. Siswa mengerjakan soal latihan halaman 83 ( Berlatih Tangkas )
3. Kegiatan akhir
1. Guru memberikan tebak-tebakan tentang perbandingan kumpulan benda
2. Siswa mencatat pekerjaan rumah yang diberikan oleh guru din papan tulis
Pertemuan ke-24
1. Kegiatan awal
1. Guru mengingatkan kembali tentang materi yang sudah dipelajari pada pertemuan sebelumnya
2. Guru menunjukkan benda-benda yang di bawa oleh guru
2. Kegiatan inti
1. Guru membagi siswa menjadi lima kelompok
2. Masing-masing kelompok, mendapatkan beberapa macam benda yang sudah dikelompokkan
berdasarkan jenisnya
3. Kemudian, siswa diminta untuk mengurutkan kelompok-kelompok benda tersebut
4. Secara bergiliran masing-masing kelompok menjelaskan hasil diskusinya
5. Guru mengevaluasi jawaban siswa dan menjelaskan tentang urutan benda dari yang terkecil ke
terbesar dan sebaliknya
6. Siswa berkesempatan untuk menanyakan hal yang belum dipahami
7. Secara individu siswa mengerjakan soal di halaman 86 – 88 ( Berlatih Tangkas 1 )
3. Kegiatan akhir
1. Guru mengulang kembali tentang hal-hal yang sudah dipelajari pada pertemuan tersebut
3. Siswa mencatat soal pekerjaan rumah yang diberikan oleh guru ( soal di halaman 89 – 90, Berlatih
Tangkas 2 )
Pertemuan ke-25
1. Kegiatan awal
1. Guru mengingatkan kembali tentang membilang loncat
3. Guru menunjukkan beberapa gambar kumpulan benda yang kemudian ditempel di papan tulis
2. Kegiatan inti
1. Secara acak,siswa diminta untuk menghitung berapa jumlah masing-masing gambar
2. Kemudian secara bersama-sama siswa diminta untuk menentukan hasil dari membilang loncat yang
ditentukan oleh guru
3. Guru meminta siswa untuk mencermati dan memahami pernyataan yang ada di halaman 91 – 92
4. Guru menjelaskan tentang membilang loncat
5. Siswa berlatih untuk menyelesaikan soal di halaman 93 ( Berlatih Tangkas ) dan menyampaikan
jawabannya secara lisan
6. Guru mengevaluasi jawaban siswa,dan memberi kesempatan siswa untuk bertanya
7. Guru menuliskan soal di papan tulis, dan meminta siswa untuk mengerjakannya
3. Kegiatan akhir
Guru menyimpulkan tentang membilang loncat
Pertemuan ke-26
1. Kegiatan awal
1. Guru mengingatkan kembali materi yang telah dipelajari pada pertemuan sebelumnya
2. Guru menyediakan beberapa kartu bilangan
3. Kegiatan inti
1. Salah satu siswa diminta untuk maju, dan dengan bimbingan guru menunjukkan kepada temannya
satu persatu kartu bilangan yang telah ditentukan
2. Secara bergiliran siswa diminta untuk membaca lambang bilangan yang ditunjukkan oleh temannya
3. Guru mengevaluasi jawaban siswa, dan menjelaskan tentang membaca lambang bilangan
4. Siswa berlatih menyelesaikan soal di halaman 95 ( Berlatih Tangkas 1 )
5. Guru mencontohkan cara menulis lambang bilangan dari 11 – 20, dan meminta siswa untuk
menebalkan bilangan di halaman 98 ( Berlatih Tangkas 3 )
6. Siswa yang belum jelas dipersilahkan oleh guru untuk bertanya
7. Siswa diminta mengerjakan soal di halaman 99 dan 100 ( Berlatih Tangkas 4 dan 5 )
3. Kegiatan akhir
1. Guru menyimpulkan tentang membaca dan menulis lambang bilangan
2. Siswa mencatat tugas pekerjaan rumah yang diberikan oleh guru ( soal di halaman 100 – 101, Berlatih
Tangkas 6, 7 dan 8 )
Pertemuan ke-27
1. Kegiatan awal
1. Guru mengingatkan kembali materi yang telah dipelajari pada pertemuan sebelumnya
2. Guru mengingatkan kembali tentang penjumlahan
2. Kegiatan inti
1. Guru memceritakan masalah sehari-hari yang mengandung operasi penjumlahan, contoh di halaman
103
2. Siswa secara berkelompok diminta untuk mendiskusikan cerita tersebut
3. Guru mengevaluasi jawaban siswa
4. Dan masih berkelompok siswa diminta untuk menyelesaikan soal di halaman 103 ( Berlatih Cermat 1 )
5. Guru menjelaskan tentang membaca dan menggunakan simbol + dan =
6. Guru memberi kesempatan bertanya pada anak yang belum jelas
7. Siswa berdiskusi dengan sebangkunya untuk menyelesaikan soal di halaman 104 dan 105 ( Berlatih
Tangkas 1 dan2 )
3. Kegiatan akhir
Guru merangkum hal-hal yang sudah dipelajari pada pertemuan tersebur
Pertemuan ke-28
1. Kegiatan awal
1. Guru mengingatkan kembali materi yang telah dipelajari pada pertemuan sebelumnya
2. Guru menceritakan masalah sehari-hari yang ada hubungannya dengan penjumlahan
2. Kegiatan inti
1. Secara acak, siswa diminta untuk mengemukakan pendapatnya atas cerita yang disampaikan guru
2. Guru mengevaluasi jawaban siswa
3. Kemudian guru menjelaskan tentang cara menyelesaikan soal cerita, seperti contoh di halaman 105
4. Siswa berlatih mengerjakan soal di halaman 106 ( Berlatih Tangkas 3 ) untuk menggali kompetensinya
5. Bersama-sama dengan siswa, guru mengevaluasi jawaban yang disampaikan oleh siswa
6. Siswa berkesempatan untuk menanyakan hal yang belum jelas
7. Siswa mengerjakan soal di halaman 107 ( Berlatih Cermat 2 )
3. Kegiatan akhir
Guru mengulang kembali tentang hal-hal yang dipelajari pada pertemuan tersebut
Pertemuan ke-29
1. Kegiatan awal
1. Guru mengingatkan kembali tentang materi yang sudah dipelajari pada pertemuan sebelumnya
2. Guru mengingatkan kembali tentang pengurangan
2. Kegiatan inti
1. Siswa diminta untuk mencermati dan memahami pernyataan di halaman 107
2. Guru menjelaskan tentang membaca dan menggunakan simbol – dan = dalam operasi hitung
3. Siswa berlatih menyelesaikan soal di halaman 107 – 108 ( Berlatih Tangkas 4 )
4. Secara acak, siswa diminta untuk menyampaikan hasil penyelesaiannya secara lisan
5. Guru mengevaluasi jawaban siswa
6. Siswa berkesempatan untuk menanyakan hal yang belum dipahami
7. Siswa diminta untuk menyelesaikan soal di halaman 108 ( Berlatih Tangkas 5 )
3. Kegiatan akhir
1. Guru mengulang kembali tentang hal-hal yang sudah dipelajari pada pertemuan tersebut
2. Siswa mencatat soal pekerjaan rumah yang diberikan oleh guru di papan tulis
Pertemuan ke-30
1. Kegiatan awal
1. Guru mengingatkan kembali materi yang telah dipelajari pada pertemuan sebelumnya
2. Tanya jawab mengenai soal pengurangan
2. Kegiatan inti
1. Guru menceritakan suatu hal atau peristiwa yang mengandung operasi hitung pengurangan
2. Siswa secara berkelompok, diminta untuk mendiskusikan cerita yang disampaikan guru
3. Siswa menyampaikan hasil diskusi kelompoknya masing-masing
4. Guru mengevaluasi jawaban siswa,dan kemudian menjelaskan tentang cara menyelesaikan soal
cerita yang mengandung pengurangan
7. Siswa berkesempatan untuk menanyakan hal yang belum jelas
8. Siswa mengerjakan soal di halaman 109 ( Berlatih Tangkas 6 )
3. Kegiatan akhir
1. Guru menyimpulkan tentang menyelesaikan soal cerita
2. Siswa mencatat tugas pekerjaan rumah yang diberikan oleh guru dan yang dicatat di papan tulis
H. Alat / Bahan /Sumber Belajar
Buku Asyik Berhitung Matematika 1A hal 79 – 109, penerbit : Yudhistira
Potongan kertas bertuliskan bilangan/kartu bilangan
Kumpulan benda
I. Penilaian :
1. Tertulis
Tes tertulis dalam bentuk latihan
2. Kinerja / perbuatan
a. Respon masing-masing siswa terhadap pertanyaan guru meliputi aspek kualitas jawaban dan
frekuensi menjawab pertanyaan
b. Aktivitas tanya jawab dan diskusi meliputi akurasi pertanyaan dan jawaban

Mengetahui
Kepala Madrasah Guru Mata Pelajaran

(Hafiluddin S.Pd) (Dian Retno Wahyuni A.ma)

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Nama Madrasah : NAZHATUT THOLIBIN
Mata Pelajaran : Matematika
Kelas / Semester : I / 1
Pertemuan Ke : 31- 37
Alokasi Waktu : 7 x 2 jam pelajaran
A. Standar Kompetensi
2. Mengunakan pengukuran waktu dan panjang
B. Kompetensi Dasar
2.1 Menentukan waktu ( pagi, siang,sore, malam ), hari dan jam ( secara bulat )
2.2 Menentukan lama watu kejadian berlangsung
2.4 Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan watu dan panjang
C. Indikator
1. Menyebutkan nama-nama hari
2. Membaca waktu jam
3. Menentukan waktu pagi, siang, sore dan malam
4. Mengenal konsep waktu atau lama waktu
5. Menentukan lama waktu dalam satuan jam
D. Tujuan Pembelajaran
Setelah mempelajari bab ini, siswa diharapkan mampu :
1. Mengingat, menyebutkan dan mengurutkan nama-nama hari dalam seminggu
2. Membaca dan menulis waktu jam
3. Menentukan waktu pagi, siang, sore dan malam
4. Menentukan suatu kejadian lama atau sebentar
5. Menentukan lama waktu dalam satuan jam
E. Materi Pembelajaran
Satuan waktu
F. Metode Pembelajaran
Informasi, demonstrasi,diskusi dan pemberian tugas
G. Langkah-langkah Pembelajaran :
Pertemuan ke-31
1. Kegiatan awal
1. Guru mengajak siswa menyanyikan lagu “ Nama-nama Hari “
2. Guru menunjukkan kalender kepada siswa
2. Kegiatan inti
1. Bersama-sama dengan guru,siswa diminta untuk menyebutkan nama-nama hari dalam seminggu,
seperti yang tercantumdi halaman 119
2. Secara acak,, siswa diminta untuk menyebutkan nama-nama hari yang diketahuinya
3. Siswa saling bertanya jawab tentang nama-nama hari dalam seminggu
4. Siswa berlatih mengerjakan soal di halaman 119 ( Berlatih Tangkas 1 )
5. Bersama-sama dengan siswa, guru mengevaluasi jawaban siwa
6. Guru menjelaskan tentang nama-nama hari dalam seminngu
7. Siswa berkesempatan untuk menanyakan hal yang belum dipahami
3. Kegiatan akhir
Siswa merangkum hasil pembelajaran pada buku catatan dan mengerjakan tugas pekerjaan rumah yang
diberikan guru ( soal di halaman 120, Berlatih Cermat )
Pertemuan ke-32
1. Kegiatan awal
1. Guru mengingatkan kembali materi yang telah dipelajari pada pertemuan sebelumnya
2. Tanya jawab mengenai nama-nama hari
2. Kegiatan inti
1. Siswa diminta bersama-sama menyanyikan lagu “ Nama-nama Hari “
2. Secara bersama-sama, siswa diminta untuk menyebutkan nama-nama hari dengan urut
3. Siswa secara acak diminta mengurutkan nama-nama hari dalam seminggu
4. Guru mengevaluasi jawaban siswa
5. Guru menjelaskan tentang urutan nama-nama hari dan menjelaskan tentang kemarin, besok, kemarin
dulu dan lusa, seperti contoh di halaman 121
6. Siswa berlatih mengerjakan soal di halaman 121 ( Berlatih Tangkas 2) dengan teman sebangkunya
7. Guru mengevaluasi kembali jawaban siswa
3. Kegiatan akhir
1. Guru mengulang kembali tentang hal-hal yang sudah dipelajari pada pertemuan tersebut
2. Siswa mencatat pekerjaan rumah yang diberikan guru ( soal di halaman 122, Berlatih Tangkas 3 )
Pertemuan ke-33
1. Kegiatan awal
1. Guru mengajak siswa untuk menyanyikan lagu “ Bangun Tidur “
2. Guru bertanya jawab dengan siswa kapan mereka bangun tidur, makan pagi dan sebagainya
2. Kegiatan inti
1. Siswa diminta untuk mengamati dengan seksama, jam dinding yang dibawa oleh guru
2. Siswa menyebutkan jumlah jarum jam yang ada di jam dinding tersebut
3. Siswa diminta untuk menentukan pukul berapa, waktu yang ditunjukkan oleh guru berdasarkan letak
jarum panjang dan jarum pendeknya
4. Guru mengevaluasi jawaban siswa dan menjelaskan cara membaca waktu berdasarkan letak jarum
panjang dan jarum pendek pada jam, seperti pernyataan di halaman 125 –126
5. Siswa berlatih mengerjakan soal yang diberikan oleh guru di papan tulis
6. Bersama-sama siswa, guru mengevaluasi jawaban siswa
7. Siswa berkesempatan menanyakan hal yang belum dipahami
3. Kegiatan akhir
1. Guru mengulang kembali tentang hal-hal yang sudah dipelajari pada pertemuan tersebut
2. Siswa mencatat pekerjaan rumah yang diberikan oleh guru
Pertemuan ke-34
1. Kegiatan awal
1. Guru mengingatkan kembali materi yang telah dipelajari pada pertemuan sebelumnya
2. Guru menanyakan tentang kegiatan siswa yang dilakukan sebelum berangkat sekolah disertai
waktunya
2. Kegiatan inti
1. Secara acak, siswa diminta membaca waktu yang ditunjukkan oleh jarum jam
2. Setelah itu, siswa diminta untuk menuliskannya di papan tulis
3. Guru mengevaluasi jawaban siswa, kemudian guru menjelaskan bagaimana menuliskan waktu yang
ditunjukkan oleh jarum jam
4. Siswa berkesempatan menanyakan hal yang belum dipahami
5. Siswa mengerjakan soal di halaman 127 ( Berlatih Tangkas )
3. Kegiatan akhir
1. Guru mengulang kembali tentang hal-hal yang sudah dipelajari pada pertemuan tersebut
2. Siswa mencatat pekerjaan rumah yang diberikan oleh guru di papan tulis
Pertemuan ke-35
1. Kegiatan awal
1. Guru mengingatkan kembali materi yang telah dipelajari pada pertemuan sebelumnya
2. Tanya jawab tentang kegiatan siswa yang disenangi
2. Kegiatan inti
1. Siswa diminta saling menceritakan kegiatan apasaja yang disukai, dengan teman sebangkunya
2. Secara acak, siswa diminta untuk menceritakan hal yang sama di depan kelas, disertai dengan waktu
dilakukannya kegiatan tersebut
3. Guru mengevaluasi jawaban siswa dan menjelaskan tentang pembagian watu antar pagi, siang, sore
dan malam, seperti yang ada di halaman 128
4. Siswa berkesempatan menanyakan hal yang belum dipahami
5. Siswa mengerjakan soal di halaman 129 – 130 ( Berlatih Cermat 1 )
3. Kegiatan akhir
1. Guru mengulang kembali tentang hal-hal yang sudah dipelajari pada pertemuan tersebut
2. Siswa mencatat pekerjaan rumah yang diberikan oleh guru ( soal di halaman 130, Berlatih Cermat 2 )
Pertemuan ke-36
1. Kegiatan awal
1. Guru mengingatkan kembali materi yang telah dipelajari pada pertemuan sebelumnya
2. Guru menanyakan tentang kegiatan siswa yang sering dilakukan
2. Kegiatan inti
1. Guru menjelaskan tentang kegiatan yang lama waktunya dan yang sebentar
2. Secara acak, siswa ditanya menurut mereka kegiatan apa yang dirasakan sebentar dan dirasakan
lama yang pernah mereka lakukan
3. Kemudian guru mengevaluasi jawaban siswa dan memberi kesempatan untuk bertanya pada siswa
yang belum jelas
4. Siswa diminta untuk mengerjakan soal di halaman 132 ( Berlatih Tangkas 1 )
3. Kegiatan akhir
1. Guru mengulang kembali tentang hal-hal yang sudah dipelajari pada pertemuan tersebut
2. Siswa mencatat pekerjaan rumah yang diberikan oleh guru di papan tulis
Pertemuan ke-37
1. Kegiatan awal
1. Guru mengingatkan kembali materi yang telah dipelajari pada pertemuan sebelumnya
2. Tanya jawab tentang kegiatan siswa yang dilakukan oleh siswa
2. Kegiatan inti
1. Siswa diminta untuk mencermati dan memahami cerita di halaman 133
2. Guru menjelaskan tentang lama waktu dalam satuan jam
3. Siswa berlatih mengerjakan soal di halaman 134 ( Berlatih Tangkas 2 ) untuk menggali kompetensinya
4. Siswa menjawab soal di halaman 134 secara lisan
6. Guru mengevaluasi jawaban siswa dan memberi kesempatan bertanya untuk hal yang belum
dipahami
7. Siswa mengerjakan soal di halaman 135 ( Berlatih Tangkas 3 )
3. Kegiatan akhir
Guru mengulang kembali tentang hal-hal yang sudah dipelajari pada pertemuan tersebut
H. Alat / Bahan /Sumber Belajar
Buku Asyik Berhitung Matematika 1A hal 118 – 135, penerbit : Yudhistira
Kalender
Jam dinding
I. Penilaian :
1. Tertulis
Tes tertulis dalam bentuk latihan
2. Kinerja / perbuatan
a. Respon masing-masing siswa terhadap pertanyaan guru meliputi aspek kualitas jawaban dan
frekuensi menjawab pertanyaan
b. Aktivitas tanya jawab dan diskusi meliputi akurasi pertanyaan dan jawaban

Mengetahui
Kepala Madrasah Guru Mata Pelajaran

(Hafiluddin S.Pd) (Dian Retno Wahyuni A.ma)

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Nama Madrasah : NAZHATUT THOLIBIN
Mata Pelajaran : Matematika
Kelas / Semester : I / 1
Pertemuan Ke : 38 – 43
Alokasi Waktu : 6 x 2 jam pelajaran
A. Standar Kompetensi
2. Menggunakan pengukuran waktu dan panjang
B. Kompetensi Dasar
2.3 Mengenal panjang suatu benda melalui kalimat sehari-hari
2.4 Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan waktu dan panjang
C. Indikator
1. Menentukan panjang suatu benda
2. Mengukur dan membandingkan panjang benda
D. Tujuan Pembelajaran
Setelah mempelajari bab ini, siswa diharapkan mampu :
1. Menyatakan suatu benda panjang atau pendek
2. Menyatakan suatu jarak dekat atau jauh
3. Mengukur panjang dengan satuan tak baku
4. Menunjukkan perbedaan hasi-hasil pengukuran dengan satuan tak baku
5. Mengukur dan membandingkan panjang benda secara langsung
6. Mengukur dan membandingkan panjang benda dengan satuan tak baku yang
sama
E. Materi Pembelajaran
Satuan panjang
F. Metode Pembelajaran
Informasi, diskusi dan pemberian tugas
G. Langkah-langkah Pembelajaran :
Pertemuan ke-38
1. Kegiatan awal
1. Guru menceritakan hal-hal yang didalamnya terkandung ukuran panjang, pendek,jauh atau dekat
2. Guru meminta siswa untuk mengamati benda-benda yang ada di dalam kelas
2. Kegiatan inti
1. Secara acak, siswa diminta menyebutkan nama benda yang menurut dia panjang dan yang pendek
2. Kemudian,siswa tersebut diminta untuk mengemukakan alasannya
3. Guru mengevaluasi jawaban siswa dan menjelaskan tentang jarak yang jauh dan dekat
4. Siswa diminta untuk membandingkan suatu jarak yang dikatakan jauh dan dikatakan dekat
5. Siswa diminta untuk mengerjakan soal di halamna 137 (Berlatih Cermat 1 ) secara lisan
6. Siswa berkesempatan untuk menanyakan hal yang belum jelas
7. Siswa mengerjakan soal di halaman 138 ( Berlatih Cermat 2 )
3. Kegiatan akhir
1. Siswa mengerjakan tugas pekerjaan rumah yang diberikan guru ( soal di halaman 138, Berlatih
Cermat 3 )
2. Guru mengulang kembali tentang hal-hal yang sudah dipelajari pada pertemuan tersebut
Pertemuan ke-39
1. Kegiatan awal
1. Guru mengingatkan kembali materi yang telah dipelajari pada pertemuan sebelumnya
2. Guru meminta siswa untuk mengamati dan memahami satuan tak baku, yang ada di halaman 139
2. Kegiatan inti
1. Guru menanyakan siapa saja siswa yang sudah tahu macam satuan tak baku
2. Siswa diminta untuk menyebutkan satuan tak baku apa saja yang sudah diketahui
3. Guru menjelaskan macam-macam satuan baku yang perlu untuk diketahui, sesuai keterangan di
halaman139 -140
4. Guru mencontohkan cara menghitung satuan tak baku dengan menggunakan jengkal,depa dan
langkah
5. Guru meminta siswa untuk mengukur suatu benda dengan menggunakan satuan tak baku yang t
ditentukan
6. Siswa berkesempatan untuk menanyakan hal yang belum dipahami
7. Siswa mengerjakan soal yang diberikan guru di papan tulis
3. Kegiatan akhir
1. Siswa mengerjakan tugas pekerjaan rumah yang diberikan guru ( soal di halaman 141, Berlatih
Tangkas 1 )
2. Guru mengulang kembali tentang hal-hal yang sudah dipelajari pada pertemuan tersebut
Pertemuan ke-40
1. Kegiatan awal
1. Guru mengingatkan kembali materi yang telah dipelajari pada pertemuan sebelumnya
2. Tanya jawab mengenai satuan tak baku yang sudah diketahui siswa
2. Kegiatan inti
1. Guru menjelaskan dan mencontohkan cara mempergunakan satuan tak baku batang korek api dan lidi
2. Siswa diminta untuk mempraktekkan apa yang sudah dicontohkan oleh guru
3. Siswa diminta untuk mengukur beberapa benda dengan satuan tak baku korek api dan lidi
4. Guru mengevaluasi jawaban siswa dan meminta siswa untuk menyelesaikan soal di halaman 142
secara lisan
5. Siswa berkesempatan untuk menanyakan hal yang belum dipahami
6. Dengan berkelompok, siswa menyelesaikan soal di halaman 143 ( Berlatih Cermat )
3. Kegiatan akhir
Guru mengulang kembali tentang hal-hal yang sudah dipelajari pada pertemuan tersebut
Pertemuan ke-41
1. Kegiatan awal
1. Guru mengingatkan kembali materi yang telah dipelajari pada pertemuan sebelumnya
2. Tanya jawab tentang satuan tak baku
2. Kegiatan inti
1. Dengan bimbingan guru,beberapa siswa diminta untuk mengukur suatu benda dengan satuan tak
baku yang berbeda, seperti yang tercantum di halaman 144
2. Guru menjelaskan tentang mengukur suatu benda dengan satuan tak baku yang berbeda
3. Guru mencontohkan cara mengukur suatu benda yang sam dengan satuan tak baku yang berbeda
4. Guru meminta siswa untuk mengukur benda dengan satuan baku yang berbeda sesuai dengan
perintah guru
5. Siswa berkesempatan untuk menanyakan hal yang belum dipahami
6. Secara individu siswa mengerjakan soal di halaman 145 – 146 ( Berlatih Tangkas )
3. Kegiatan akhir
Guru mengulang kembali tentang hal-hal yang sudah dipelajari pada pertemuan tersebut
Pertemuan ke-42
1. Kegiatan awal
1. Guru mengingatkan kembali materi yang telah dipelajari pada pertemuan sebelumnya
2. Guru meminta dua orang siswa untuk maju ke depan
2. Kegiatan inti
1. Siswa yang lain diminta untuk mengamati kedua temannya tersebut, apakah ada perbedaan antara
yang satu dengan yang lain
2. Bersama-sama dengan siswa, guru mengevaluasi jawaban siswa
3. Guru menjelaskan tentang mengukur dan membandingkan panjang benda secara langsung, sesuai
keterangan di halaman 147 -148
4. Siswa berkesempatan menanyakan hal yang belum dipahami
5. Siswa diminta untuk berlatih menyelesaikan soal di halaman 148 – 150 ( Berlatih Tangkas )
3. Kegiatan akhir
1. Siswa merangkum hasil pembelajaran pada buku catatan
2. Guru mengulang kembali tentang hal-hal yang sudah dipelajari pada pertemuan tersebut
Pertemuan ke-43
1. Kegiatan awal
1. Guru mengingatkan kembali materi yang sudah dipelajari pada pertemuan sebelumnya
2. Guru meminta siswa untuk membentuk 5 kelompok
2. Kegiatan inti
1. Guru membagikan kepada masing-masing kelompok beberapa benda
2. Siswa diminta untuk berdiskusi guna mengukur benda-benda tersebut dengan satuan tak baku yang
sama
3. Siswa menjelaskan tentang hasil dari diskusinya
4. Guru mengevaluasi jawaban siswa dan kemudian menjelaskan bahwa hasil pengukuran dengan
satuan tak baku yang sama, dapat dibandingkan Sedangkan jika menggunakan satuan tak baku yang
berbeda maka hasil pengukurannya tidak dapat dibandingkan
5. Siswa berkesempatan menanyakan hal yang belum dipahami
6. Masih berkelompok, siswa diminta untuk menyelasaikan soal di halaman 152 – 153 ( Berlatih Tangkas)
3. Kegiatan akhir
1. Siswa mencatat pekerjaan rumah yang diberikan oleh guru ( soal di halaman 154, Berlatih Cermat )
2. Guru mengulang kembali tentang hal-hal yang sudah dipelajari pada pertemuan tersebut
H. Alat / Bahan /Sumber Belajar
Buku Asyik Berhitung Matematika 1A hal 136 -154, penerbit : Yudhistira
Benda-benda di sekitar
Lidi dan korek api
I. Penilaian :
1. Tertulis
Tes tertulis dalam bentuk latihan
2. Kinerja / perbuatan
a. Respon masing-masing siswa terhadap pertanyaan guru meliputi aspek kualitas jawaban dan
frekuensi menjawab pertanyaan
b. Aktivitas tanya jawab dan diskusi meliputi akurasi pertanyaan dan jawaban

Mengetahui
Kepala Madrasah Guru Mata Pelajaran

(Hafiluddin S.Pd) (Dian Retno Wahyuni A.ma)

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Nama Madrasah : NAZHATUT THOLIBIN
Mata Pelajaran : Matematika
Kelas / Semester : I / 1
Pertemuan Ke : 44 – 46
Alokasi Waktu : 3 x 2 jam pelajaran
Standar Kompetensi : 3. Mengenal beberap bangun ruang
Kompetensi Dasar : 3.1 Mengelompokkan berbagai bangun ruang sederhana ( balok, prisma, tabung,
bola dan kerucut )
3.2 Menentukan urutan benda-benda ruang sejenis menurut besarnya
Indikator : 1. Mengenal dan menentukan berbagai bangun ruang
2. Menentukan sekumpulan benda ruang sejenis menurut ukurannya
Tujuan Pembelajaran : Setelah mempelajari bab ini, siswa diharapkan mampu :
1. Mengenal bangun ruang balok, prisma, tabung, bola dan kerucut
2. Menentukan bentuk bangun ruang suatu benda
3. Menentukan sekumpulan benda ruang sejenis menurut ukurannya
Materi Pembelajaran : Bangun ruang
Metode Pembelajaran : Informasi, demonstrasi, diskusi dan pemberian tugas
Langkah-langkah Pembelajaran :
Pertemuan ke-44
Kegiatan awal
1. Guru mengingatkan kembali tentang materi pada pertemuan sebelumnya
2. Guru memperlihatkan macam-macam bangun ruang yang dibawanya
Kegiatan inti
1. Guru bertanya pada siswa, tentang namabangun- bangun ruang yang ada
2. Siswa secara acak, menjawab nama bangun ruang yang diketahuinya
3. Guru mengevaluasi jawaban siswa dan menjelaskan tentang nama dari masing-masing bangun ruang
4. Siswa berlatih menyelesaikan soal di halaman 166 ( Berlatih Tangkas 1 )
5. Guru bersama dengan siswa mengevaluasi jawaban yang disampaikan.
6. Siswa berkesempatan menanyakan hal yang belum dipahami
7. Secara lisan siswa menentukan penyelesaian soal di halaman 167 – 168 ( Berlatih Tangkas 2 )
Kegiatan akhir
1. Guru mengulang kembali tentang hal-hal yang sudah dipelajari pada pertemuan tersebut
2. Siswa mencatat tugas pekerjaan rumah yang diberikan oleh guru yang ditulis di papan tulis
Pertemuan ke-45
Kegiatan awal
1. Guru mengingatkan kembali tentang materi pada pertemuan sebelumnya
2. Guru memperlihatkan macam-macam bangun ruang yang dibawanya
Kegiatan inti
1. Siswa diminta menjelaskan kembali nama-nama bangun ruyang pada benda yang dibawa oleh guru
2. Secara berkelompok, siswa diminta untuk menyebutkan benda-benda bangun ruang yang ada di
dalam kelas
3. Guru mengevaluasi jawaban siswa
4. Siswa berkesempatan untuk menanyakan hal yang belum dipahami
5. Siswa mengerjakan soal di halaman 168 ( Berlatih Cermat)
Kegiatan akhir
Guru mengulang kembali tentang hal-hal yang sudah dipelajari pada pertemuan tersebut
Pertemuan ke-46
Kegiatan awal
1. Guru mengingatkan kembali materi yang telah dipelajari pada pertemuan sebelumnya
2. Guru menunjukkan beberapa bangun ruang yang sama bentuknya tapi berbeda ukurannya
Kegiatan inti
1. Guru meminta siswa untuk mengelompokkan benda tersebut berdasarkan bentuknya
2. Siswa diminta untuk menjelaskan apa yang dilihatnya
3. Dengan bimbingan guru, siswa menjelaskan bahwa bangun ruang-bangun ruang tersebut sama
bentuknya tetapi berbeda ukurannya
4. Siswa berkesempatan menanyakan hal yang belum dipahami
5. Siswa mengerjakan soal di halaman 171 ( Berlatih Tangkas )
6
Kegiatan akhir
Guru mengulang kembali tentang hal-hal yang dipelajari pada pertemuam tersebut
Alat / Bahan /Sumber Belajar : Buku Asyik Berhitung Matematika 1A hal 162 – 171, penerbit : Yudhistira
Benda-benda sekitar
Berbagai macam bangun ruang
Penilaian :
1. Tertulis
Tes tertulis dalam bentuk latihan
2. Kinerja / perbuatan
a. Respon masing-masing siswa terhadap pertanyaan guru meliputi aspek kualitas jawaban dan
frekuensi menjawab pertanyaan
b. Aktivitas tanya jawab dan diskusi meliputi akurasi pertanyaan dan jawaban

Mengetahui
Kepala Madrasah Guru Mata Pelajaran

(Hafiluddin S.Pd) (Dian Retno Wahyuni A.ma)

About rudien87


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: