UN MENJADI AJANG PENDIDIKAN KECURANGAN

UN ujian nasional yang di selenggarakan pemerintah, justru membuat lembaga pendidikan melakukan kecurangan-kecurangan agar anak didiknya bisa lulus ujian Nasional. dengan kondisi yang seperti ini bukankah justru pendidikan mengajarkan pada anak didiknya melakukan kecurang meskipun secara tidak langsuang. karena seseorang akan mempraktekan atau berprilaku seperti ilmu dan pengalaman yang didapatkan. Untuk menjadikan bangsa yang bebas dari segala bentuk kecurangan sangatlah sulit karena kecurang sudah sangat mengakar dan menjadi sebuah sistem tersendiri.

Demikian halnya seperti yang di beritakan oleh salah satu media swasta terdapat cukup banyak kecurangan dalam UN 2010. Kementerian Pendidikan Nasional RI menemukan 900 temuan kecurangan selama pelaksanaan Ujian Nasional (UN) untuk tingkat sekolah menengah atas (SMA) dan sekolah menengah pertama (SMP) 2010. Sekitar 200 di antaranya adalah temuan mengenai bocoran kunci jawaban.

Menurut Wakil Menteri Pendidikan Nasional, Fasli Djalal, usai membuka Internasional Conference on Teacher Education, di Bandung, Selasa (6/4), temuan tersebut sudah ditinjaklanjuti dengan membentuk tim khusus.

“Bukti-bukti sudah dikumpulkan, semua profil bocoran kunci jawaban sudah diambil dan kalau ada bentuk fisiknya kita `scan` dan verifikasi,” ujar Fasli yang juga menjabat sebagai Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi (Dikti).

Jika hasil verifikasi profil kunci jawaban tersebut menunjukan kebocoran soal, menurut Fasli, pihaknya akan segera memutuskan UN ulangan.
meskipun di evaluasi dan akan di adakan ujian ulang tetap saja UN bukan menjadi orientasi yang baik bagi dunia pendidikan. UN belum bisa menjadi barometer keberhasilan pendidikan Nasional, justru melahirkan banyak permasalahan dan menanam moral-moral kecurang dalam lembaga pendidikan.

About rudien87


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: