implikasi landasan kurikulum dalam pendidikan

Nama : akhmad khoirudin

Nim     : 08110140

  1. Kurikulum PAI di  sekolah SMA berbeda dengan kurikulum yang ada sekolah di Aliyah jadi landasan sosiologis juga mempunyai implementasi berbeda. Kurikulum dalam SMA harus di sesuaikan dengan kondisi perkembangan masyarakat, politik dan geografis. Dan kurikulumnya tidak hanya mengedepankan materi-materi yang formal saja. Khususnya pada materi-materi PAI harus dikontekstualkan dengan keadaan-keadaan sosiologis yang berkembang dalam masyarakat, Agar paeserta didik menjadi orang-orang yang hanyut  dalam permasalahan-permasalah yang tidak pokok.
  2. Startegi dalam pengembangan kurikulum adalah untuk mencapai tujuan, jadi  perlu suatu strategi untuk mencapainya. Dalam mencapainya perlu adanya adanya strategi-strategi dalam penyampaian  materi-materi-materi disesuaikan dengan keadaan pskologis perkembangan peserta didik.
  3. Prinsip relevansi memepunyai keuntungan yakni dalam kesinambungan pemahaman peserta dalam materi-materi yang sudah ditetapkan unutk mencapai tujuan pendidikan. Disamping itu agar peserta didik terus terpacu dalam belajarnya untuk terus mengembangkan diri dalam pendidikan. Peserta didik mempunyai pemhaman yang utuh dalam proses belajarnya.
  4. Materi-materi PAI saat ini hanya sebatas pemahaman secara tekstual dan konseptual akhirnya member dampak dalam pemahaman yang kolot dan fanatikme dalam kehidupanya.

Pemahaman materi PAI hanya sebatas formalitas, belum sampai pada tahap aplikasi dalam kehidupan.

 

 

About rudien87


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: